Catatan Shela

Mari belajar, berbagi ilmu, dan share pengalaman hidup bersama

Recent Post

Rabu, 19 September 2018

UMKM Siap Online Bersama PNM ULaMM Cabang Bojonegoro

Making Indonesia 4.0 mencerminkan kesungguhan negara sedang beradaptasi dengan ragam perubahan besar pada era revolusi industri keempat (Industri 4.0) sekarang ini. Kewajiban negara pula untuk menyiapkan generasi milenial menjadi angkatan kerja yang kompetitif dan produktif sepanjang era Industri 4.0 itu.

Tantangan bersama untuk menuju era industri 4.0 itu adalah bagaimana kita bersama menyiapkan sumber daya manusia yang bisa terjun dan ikut serta dalam mengikuti cepatnya era industri 4.0. Pekerjaan rumah bersama saat ini yang harus segera dikerjakan adalah banyak UMKM yang belum tahu akan derasnya informasi ini. Faktanya, banyaknya toko konvensional yang lambat laun mulai tidak menampakkan perkembangan yang signifikan, bahkan sudah mulai banyak berguguran retail modern karena kalah bersaing dengan toko - toko virtual. Oleh karena itu, Kak Shela akan berbicara pada pelatihan ini tentang Persiapan menyambut industri 4.0

Topik yang akan kita bahas antara lain:

Bagimana UMKM bertahan dan ambil bagian dalam era industri 4.0 ini ?

Bagaimana pula UMKM mempersiapkan sumberdaya terdidik dan terlatih nya untuk siap berdaya saing di era tersebut ?

Dan bagaimana negara hadir dalam menjaga ekosistem bisnis digital bagi UKM dan memfasilitasi kesiapan SDM berkiprah di era industri 4.0 ?

Apa peran PNM ULaMM untuk mndukung Program Making Indonesia 4.0?

Selasa, 11 September 2018

Branding Sekolah di Era Digital bersama Kak Shela

Mau tidak mau Era Digital ini sudah berlari cepat, tak terbendung. Akankah kita hanya jadi penonton saja? Mari, tahap demi tahap kita mainkan peranan kita di Era Digital ini, jangan hanya jadi konsumen tetapi berusaha menjadi produsen yang ikut meramaikan jagad maya ini.

Saatnya Sekolah juga sadar diri tentang pentingnya peranan dunia digital bagi eksistensi pendidikan. Tak Hanya jadi penikmat tetapi menjadi pemain.

Bersama Himpunan Pendidikan Anak Usia Dini (HIMPAUDI) Kec. Trucuk, Kak Shela akan berbagi bagaimana sekolah memainkan peranan penting di Era Digital ini. 



Dalam kesempatan ini para peserta akan belajar bersama antara lain:
  • Pentingnya Branding Sekolah bagi eksistensi dunia pendidikan
  • Pentingnya Pendidikan ikut serta meramaikan konten positif di dunia maya.
  • Bagaimana para guru memainkan fungsi dan aplikasi pada smartphone (gawai) untuk membantu brand sekolah naik
  • Pentingnya belajar rahasia - rahasia penting ilmu media sosial untuk membantu brand sekolah naik.
  • Tak lupa akan diberikan tips - tips bagus dalam menaikkan rating akun media sosial agar bisa optimal.


Berdasarkan pengalaman pribadi Kak Shela dalam mendampingi beberapa sekolah, ilmu - ilmu ini akan bisa menaikkan brand sekolah secara baik di Era Digital ini. 

Minat ingin mengadakan pelatihan ini? silahkan bisa komentar di Kolom komentar di bawah dengan menyertakan asal daerah maupun asal lembaganya,....

Kak Shela dengan senang hati akan melayani konsultasi kebutuhan bapak ibu dalam memanfaatkan peranan sekolah di Era Digital ini.

Rabu, 05 September 2018

Pelatihan Pengemasan dan Pengiriman Produk bersama UMKM binaan ExxonMobil


Salah satu tahapan Usaha Kecil Menengah (UKM) agar naik kelas yaitu dengan cara memperhatikan branding dan aktivasinya dalam ranah penjualan. Apalagi akan merambah ke Dunia Online. Packaging (kemasan) produk sangat penting diperhatikan agar konsumen tertarik untuk membeli dan penentuan target pasarnya. 

Setelah itu pertahankan kualitas produk dan lakukan secara konsisten. Demikian petikan materi yang disampaikan oleh Tim Markazdesign yang dipimpin oleh mas Hendrik Bayu dari Sidoarjo dalam kegiatan PELATIHAN PENGEMASAN DAN PENGIRIMAN PRODUK, Program Promosi Produk Kreatif UMK 2018. 
Kegiatan ini terlaksana atas inisiatif SKK migas dan ExxonMobil yang difasilitasi oleh Relawan TIK Bojonegoro. 
Program ini dalam rangka membantu para pengusaha di Kab Bojonegoro dan Tuban untuk menjadi UMKM yang Siap Naik Kelas dan siap Menyambut UMKM Go Online 2020.

Alhamdulillah Kak Shela berkesempatan untuk ikut serta belajar bersama para peserta untuk membuat brand kita dikemas secara baik agar pangsa pasar kita juga jelas. Harapannya, agar semakin tinggi pesanan dan penjualan dari pihak Pengusaha.

Rabu, 13 Desember 2017

Berbagi Ilmu Blog Bersama BKKBN Jawa Timur

Suasana Pembukaan Jambore PKB/PLKB BKKBN Jatim Gelombang I di Puslatpasrat Surabaya
Kali ini , Saya diberi amanah oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Wilayah Jawa Timur untuk berbagi tentang Ilmu Blogging menggunakan Smartphone. Kegiatan dilaksanakan di Pusat Latihan Pasukan Pendarat (Puslatpasrat) Bhumi Marinir TNI Angkalan Laut Gunungsari Kota Surabaya. 

Peserta untuk kegiatan gelombang pertama ini diikuti oleh 7 Kabupaten, yaitu: Kabupaten Bojonegoro, Kabupaten Tuban, Kabupaten Lamongan, Kabupaten Bangkalan, Kabupaten Sampang, Kabupaten Pamekasan dan Kabupaten Sumenep.

Bertempat di Ruang Pasuruan, Gedung Diklat Puslatpasrat, selama 3 Jam saya berbagi tentang bagaimana NgeBLOG dengan menggunakan Smartphone. Kenapa harus menggunakan Blog dengan smartphone? Ibu Nur Hotimah, selaku panitia bagian Workshop menginginkan agar setiap penyuluh Keluarga Berencana (PKB) dan Penyuluh Lapang Keluarga Berencana(PLKB) bisa terbiasa menulis untuk menunjang tugas pokok fungsi PKB/PLKB di Lingkungan BKKBN Jawa Timur. 

"Smartphone sudah bukan barang asing bagi para petugas penyuluh, hampir semua petugas sudah memiliki smartphone" demikian yang dikatakan beliau saat pembukaan acara workshop ini. 

Workshop ini merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka Jambore PKB/PLKB Jawa Timur dengan mengambil Tema "Dengan Semangat Integritas, Kerja Keras dan Gotong Royong Menuju PKB yang Profesional dan berkompeten" acara dibuka langsung oleh Kepala BKKBN Provinsi Jawa Timur, Bapak Yenrizal Makmur.

Jadwal Acara Jambore PKB/PLKB BKKBN Jatim 2017
Acara berlangsung selama 2 hari, dari tanggal 13 sampai dengan tanggal 14 Desember 2017. Hari pertama diisi dengan kegiatan pembukaan, pelatihan hipnoteraphy, dilanjutkan Workshop dengan mengambil 8 kelas paralel yang salah satu kelasnya yaitu kelas Workshop Pemanfaatan Smartphone dengan menulis di Blog. Acara malam dilanjutkan dengan acara Penyuluhan KIE Kreatif melalui seni tradisional. 

Hari kedua, diisi dengan acara Fun Games dengan tema utama: "Kepemimpinan Loyalitas dan Integritas". Acara berjalan dengan lancar sesuai dengan harapan dari penyelenggara.